Friday, November 19, 2010

Memilih Pekerjaan yg Cocok Bagi Pemula

Habis lulus ngapain lg yaaa............?? Nihhh ada sedikit info untuk kamu-kamu yg mau cari kerja.... Semoa bermanfaat untuk kalian semua yg membacanya........

Seusai menamatkan pendidikan di perguruan tinggi, para sarjana ingin segera mendapatkan pekerjaan dan penghasilan sendiri. Apalagi, jka pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian.

Faktor-faktor yg menghambat sarjana untuk dapat pekerjaan:
1. terbatasnya lapangan pekerjaan.
2. kebingungan para pencari kerja sendiri dalam menentukan pekerjaan yg cocok bagi mereka.
3. takut salah dalam memilih pekerjaan yg menyebabkan ketidaknyamanan bg diri mereka.
4. risiko kehilangan keahlian yg dimiliki saat kuliah.

Dua tipe pencari kerja:
1. mereka yg mencari pekerjaan sesuai dgn latar belakang pendidikan saat kuliah. Contoh: lulusan teknik sipil mencari pekerjaan di perusahaan kontraktor,dll.
2. orang yg mencari pekerjaan yg bersifat umum manajerial. Org ini akan mencari perusahaan dan program management development dan management trainee, yaitu dengan pelatihan selama 1-3 thn, baru ditentukan posisi yg cocok.

Dua pilihan bg seseorang calon pekerja seusai kuliah:
1. risiko kehilangan keahlian semasa kuliah pada saat menjalani karir yg tidak sesuai latar belakang pendidikan.
2. semakin terasahnya keahlian semasa kuliah pd saat menjalani karir yg sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Dua klasifikasi pencari kerja:
1. Fresh graduate (baru lulus kuliah).
2. Experienced (sd pengalaman kerja sblmnya).

Faktor-faktor yg mempengaruhi seserang dlm memilih pekerjaan:
1. karakteristik atau sifat pekerjaan trsbt hrs sesuai dengan karakter kepribadiannya.
2. bergantung pd apa yg diharapkan oleh si pencari kerja.

Hal-hal yg perlu diperhatikan sebelum memilih pekerjaan:
1. identifikasi pekerjaan yg cocok dengan kepribadian masing2 individu.
2. mengetahui latar belakang perusahaan dan manajemen perusahaan yg dituju dengan tujuan mengetahui kemungkinan kenaikan pangkat atau jenjang karir ketika ada di perusahaan itu nanti.
3. mengecek situs web perusahaan yg diinginkan untuk mengenal perusahaannya yg bermanfaat untuk mengetahui bisnis inti perusahaan, produk atau jasa yg dihasilkan, visi misi perusahaan, dan kualitas perusahaannya.
4. melakukan penilaian yg bisa dilihat dr iklan lowongan pekerjaan di media massa. Jika iklan ukurannya besar atau kecil dan bahasa iklannya baik atau buruk maka manajemen dan pengembangan SDM di perusahaan itu sdh baik atau belum.
5. mencari profil perusahaan dari alumnus yg dulu pernah bekerja disitu. Contohnya: perusahaan BUMN,PNS,& perusahaan asing lainnya karena PHKnya kecil.
6. kunjungi Job Fair yg diadakan di kota2.
7. punya jaringan komunikasi pertemanan atau koneksi luas.
8. siapkan Curriculum Vitae, daftar riwayat hidup, surat lamaran kerja, dan surat aplikasi pekerjaan atau application letter yg siap atau layak 'dijual'.Kegunaan semua ini adalah untuk menuliskan kelebihan, prestasi akademis, kegiatan di kuliah yg pernah diikuti, magang, bakat seni, kemampuan berbahasa asing yg dimiliki sehingga diketahui seberapa besar minat si pencari kerja thdp perusahaan yg dituju.
9. istirahat yg cukup sebelum panggilan wawancara pekerjaan dan tes psikotes.
10. tunjukkan sikap percaya diri dalam wawancara kerja.
11. tetap berdoa pd Tuhan meminta kelancaran dan kekuatan untuk menghadapinya.
12. jangan patah semangat dan utamakan kejujuran.

Jika blum diterima kerja di tempat yg anda inginkan, janganlah menyerah tetapi terus beusaha dan mencari pasti akan berhasil. Karena suatu hal Nothing Is Imposibble in This World if You Want To Work Hard For That.

Ok... sekian infonya nihhh.........
sampai ketemu lagi berikutnya ya................
yoo............!!!

No comments:

Post a Comment